Iklan Saya

Kamis, 18 Juli 2013

Urine Bisa Jadi Bahan Pengisi Baterai Ponsel

Wah! Urine Bisa Jadi Bahan Pengisi Baterai Ponsel
Bristol - Saat dikeluarkan dari tubuh, urine menjadi sesuatu yang tidak berguna. Meski bagi beberapa orang urine juga digunakan untuk pengobatan. Tapi siapa sangka kalau urine juga bisa dijadikan pengganti baterai ponsel. Para ilmuwan di Inggris mengtakan mereka telah memanfaatkan kekuatan urine untuk mengisi ponsel dengan daya listrik yang memadai bagi ponsel untuk mengirim pesan singkat atau melakukan pencarian di internet. Peneliti dari University of Bristol and Bristol Robotics Laboratory di bagian barat daya Inggris mengatakan mereka telah menciptakan sel bahan bakar yang menggunakan bakteri untuk memecah urine sebagai pengganti listrik.
"Ini sangat menarik karena belum ada yang menemukan kekuatan dalam urine dan digunakan untuk melakukan hal ini," kata salah satu peneliti, Ioannis Ieropoulos.
Menurut Ieropoulos, keistimewaan sumber bahan bakar ini adalah ketika manusia tidak bergantung pada alam seperti angin dan matahari, mereka menggunakan kembali limbah dari tubuhnya untuk menciptakan energi.
"Salah satu produk yang pasti pasokannya tidak pernah berkurang salah satunya urine kita sendiri," imbuhnya. Tim peneliti menumbuhkan bakteri pada anoda serat karbon dan menempatkannya di dalam silinder keramik.
Bakteri yang merusak bahan kimia dalam urine tersebut melewati silinder dan membangun sejumlah kecil muatan listrik yang tersimpan pada kapasitor. Ieropoulos berharap bahwa penemuan alat seukuran aki mobil itu nantinya bisa dikembangkan untuk berbagai aplikasi.
"Tujuan kami yaitu menciptakan sesuatu yang bisa dibawa dengan mudah," ujarnya. Seperti dilaporkan AFP dan ditulis Sydney Morning Herald, Kamis (18/7/2013), menurut Ieropoulos sejauh ini microbial fuel power stack (MFC) yang mereka kembangkan menghasilkan daya yang cukup bagi ponsel untuk mengirim pesan singkat, browsing internet, atau melakukan panggilan singkat.
"Konsep ini telah diuji dan terbukti bekerja. Sekarang kita perlu mengembangkan dan memperbaiki proses sehingga MFC bisa digunakan untuk mengisi baterai ponsel dengan penuh," katanya.
Para peneliti berharap teknologi ini bisa digunakan untuk perangkat listrik domestik. Studi ini dipublikasikan dalam journal Physical Chemistry Chemical Physics di Royal Society of Chemistry.
Sumber : m.detik.com
jangan lupa masuk postingaku itu klik foto di bawah untuk masuk .dan jangan lupa di komentari poster-ramadhan07-11-16.png
8-)

9 komentar:

  1. 1. http://wisnu.mwb.im/urine-bisa-jadi-bahan-pengisi-baterai-po.xhtml

    2. http://www.mywapblog.com/follow.php?action=confirm&userid=72852

    3. http://wisnu.mwb.im/kontes-foto-bersama-uc-browser.xhtml

    BalasHapus
  2. TWIBOYS BLOG INFORMERS18 Juli 2013 pukul 13.32

    Hebat.

    BalasHapus
  3. Urine pengganti BBM ya sob....
    Tp keren kreatif

    BalasHapus
  4. TWIBOYS BLOG
    INFORMERS @ itulah ilmuwan luar negeri. Sangat cepat membuat hal hal baru.


    Tapi kita harus bangga dengan bangsa kita INDONESIA. Yang sedikit demi sedikit menciptakan hal hal baru yang luar biasa.

    BalasHapus
  5. angginaj @ kreatif.
    Thkz dh berkunjung

    BalasHapus
  6. baru tau urine bisa jadi bahan pengisi batre :D

    ok mantap sobat nice artikel

    BalasHapus
  7. DanSyah @ thkz sob udh mw berkunjung. :)

    BalasHapus
  8. ini menguntungkan.
    Memanfaatkan kembali barang limbah

    BalasHapus